Thursday 14 February 2013

Profil, Visi dan Misi Cagub/Cawagub No.1

Dikdik Mulyana Arief Mansur
Langkah Dikdik Mulyana Arief Mansur sudah mantab untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013. Bahkan dia rela melepaskan jabatan sebagai Kapolda Sumetara Selatan.

Alumnus Akademi Kepolisian tahun 1978 itu sudah banyak makan asam garam di kepolisian. Dia mulai terjun di dinas kepolisian dengan menjabat sebagai Paops Wil Purwakarta Polda Jabar pada 1979. Setahun kemudian dia dilantik sebagai Kapolsek Pamanukan.

Beberapa posisi penting lain pernah dijabatnya yakni Kanit Penyelundupan Polda Metro Jaya pada 1994, Kadit Serse Polda Kalimantan Selatan (2001), Kasat Serse Um Ditserse Polda Metro Jaya (1997), Dir Reskrim Polda Jabar (2003), Wakapolda Kalsel (2004), Kapolda Kepulauan Riau (2009), dan Kapolda Sumatera Selatan (2012).

Selain di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, pria kelahiran Bandung, 14 Juni 1955 itu juga pernah mengemban tugas di Polda NTB. Di sanalah dia merintis kariernya hingga menjadi perwira menengah.

Melepas jabatan di kepolisian sebelum masa pensiun, diakui Dikdik sebagai hal yang berat. Namun tekadnya sudah bulat untuk mengabdi kepada masyarakat Jawa Barat. Pada Oktober awal dia akhirnya mengajukan pengunduran diri ke Kapolri. Pengunduran dirinya baru diterima pada 31 Oktober lalu.

Sejak itu, Dikdik sudah tidak lagi menjadi anggota Polri aktif. Konsentrasinya kini menyiapkan pemilihan gubernur yang akan dihelat pada Februari 2013. Dia maju melalui jalur independen bersama pasangannya, Cecep Nana Suryana Toyib, mantan Sekda Kabupaten Indramayu.

Maju melalui jalur perseorangan atau independent bukan perkara mudah. Dikdik dan Toyib harus mengumpulkan dukungan dalam bentuk 1,5 juta kartu identitas warga secara proporsional. Jumlah tersebut diambil dari tiga persen total penduduk Jabar, yakni 49,1 juta jiwa. Hal ini sesuai rekapitulasi verifikasi faktual oleh panitia pemungutan suara di 26 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Tak hanya itu, Dikdik juga harus berjuang untuk membumikan namanya di kalangan warga Jabar. Pasalnya, calon-calon gubernur lainnya sudah lebih dikenal, seperti calon incumben Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Dede Yusuf, dan Ketua DPD Partai Golkar Jabar Irianto Mahfud Siddiq Syafiuddin atau Yance.

Cecep Nana Suryana Toyib
Nama Cecep Nana Suryana Toyib, kian disebut-sebut, khususnya oleh warga yang tinggal di Jawa Barat. Bagaimana tidak, pria kelahiran Cirebon, 56 tahun lalu itu bakal meramaikan pesta demokrasi pemilihan Gubernur Jawa Barat (Jabar) pada 2013 mendatang.

Sebagai putra daerah, pria yang biasa disapa Toyib tersebut didaulat menjadi calon wakil gubernur mendampingi Dikdik Mulyana Arief Mansur, yang tak lain adalah mantan Kapolda Lampung. Keduanya terdaftar sebagai calon dari jalur perseorangan (independen)

Meski berasal dari keluarga militer, pria yang lahir pada 10 Januari itu ternyata sudah malang melintang di dunia birokrat. Sejumlah posisi penting pernah didudukinya, seperti Camat Widasari, Anjatang, dan Camat Jatibarang.

Toyib pernah pula menjadi Komandan Satpol PP Indramayu, Kepala Bagian Humas Pemkab Indramayu, Kepala Dinas Pertambangan, Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di jajaran Pemkab Indramayu.

Terakhir, Toyib menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemkab Indramayu pada 2011 lalu, setelah sebelumnya di posisi pelaksana tugas selama hampir setahun, namun kini, anak dari Kapten Inf Mochamad Toyib (alm) sudah pensiun.

VISI:

BERSAMA WARGA BERJUANG MEWUJUDKAN MASYARAKAT JAWA BARAT YANG TAWADHU (TERTIB, AMAN, WIBAWA, ASRI, DINAMIS, HARMONIS DAN UNGGUL)


MISI:
  1. MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG AGAMIS, SEHAT, CERDAS, DAN TERAMPIL BERBASIS PADA KELUHURAN BUDAYA
  2. MENGEMBANGKAN PEREKONOMIAN RAKYAT YANG BERKEADILAN, MEMBERDAYAKAN DAN MELINDUNGI KELOMPOKKELOMPOK RENTAN
  3. MEMBANGUN INFRASTRUKTUR: JALAN, JARINGAN IRIGASI PERTANIAN, SARANA DAN PRASARANA KESEHATAN DAN PENDIDIKAN
  4. MENGEMBANGKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG EFEKTIF, EFESIEN, TRANSPARAN, DAN AKUNTABEL
  5. MENGOPTIMALKAN SERTA MEMELIHARA POTENSI SUMBER DAYA ALAM, POTENSI PARIWISATA DAN KELAUTAN
  6. MENINGKATKAN PELAYANAN BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN SERTA MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN DAYA BELI MASYARAKAT
  7. MEMBINA KEHIDUPAN YANG HARMONIS SEBAGAI APLIKASI KEIMANAN DAN KETAQWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA

Bagikan

Jangan lewatkan

Profil, Visi dan Misi Cagub/Cawagub No.1
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.