Thursday 14 February 2013

LAKI-LAKI SEJATI: Kemandulan atau Infertilitas

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sahabat E-4 All Semuanya Semoga Allah Swt selalu memberikan kelancaran kepada kita semua dalam menjalankan segala aktivitas. Amiennnnn



Sahabat semuanya hanya sekedar berbagi pengetahuan tentang apa itu kemandulan atau infertilitas, lah toh nggak ada salahnya khan kita tahu dan mengetahui tentang kemandulan dan infertilitas, hehehehehehe



Dari penelitian diperkirakan bahwa 40 - 50 % kasus kemandulan disebabkan oleh faktor laki-laki, sedangkan yang 40 % lagi karena faktor perempuan dan kira-kira 20 % karena kedua pasangan atau penyebabnya masih belum diketahui. Oleh karena itu kemandulan seharusnya tidak dilihat sebagai sesuatu yang berhubungan dengan laki-laki atau perempuan saja, melainkan sebagai kondisi yang ditimbulkan oleh berbagai tingkatan masalah kemandulan pasangan (laki-laki dan perempuan). Laki-laki yang memiliki potensi kemandulan rendah mungkin mampu menghamili pasangan wanitanya, jika pasangan wanitanya tersebut memiliki potensi kemandulan yang tinggi, atau sebaliknya.



WHO atau Badan Kesehatan Dunia mendefinisikan kemandulan atau infertilitas menjadi beberapa bagian :

  1. Infertilitas primer : pasangan tidak pernah mengalami konsepsi (pertemuan antara sel telur dan sperma menjadi zigot) meskipun mereka melakukan senggama atau hubungan seksual secara teratur selama paling sedikit 12 bulan tanpa proteksi atau alat pengaman/kontrasepsi.
  2. Infertilitas sekunder : pasangan sebelumnya sudah pernah mengalami konsepsi akan tetapi kemudian tidak mampu konsepsi lagi meskipun mereka melakukan hubungan seksual tanpa proteksi selama 12 bulan.
  3. Subfertilitas : pasangan mengalami kesukaran dalam mewujudkan konsepsi bersama-sama karena fertilitas keduanya berkurang (agak lemah kemampuan keduanya tapi masih dalam taraf ringan).


Nah untuk ngecek apakah kita mandul apa enggak biar yakin kan harus ke dokter dan diperiksa secara lengkap tubuh dan organ reproduksi kita. Untuk sekarang ini kalian bisa ngecek dari persyaratan seorang laki-laki dikatakan subur/fertil yaitu paling tidak harus ada :

  1. Testis atau buah pelir (sekurang-kurangnya satu) yang mampu menghasilkan sperma “normal” yang cukup jumlahnya untuk membuahi sel telur. Jumlah sperma yang terlalu sedikit (kurang dari 50 juta ekor per cc) bisa jadi indikator kemandulan, tapi enggak usahlah kalian ngitung jumlah sperma kalian, lagipula enggak bisa keitung dengan mata telanjang, harus dengan alat laboratorium. Yang perlu kalian ketahui adalah sperma itu sangat kecil (itu makanya enggak kelihatan dengan mata telanjang) sehingga dalam 1 cc cairan mani mengandung kurang lebih 100 juta sperma. Setiap ejakulasi dipancarkan kurang lebih 3,5 cc cairan mani.
  2. Sistem saluran (epidydimis dan vas deferens - liat gambar ya) paten alias berfungsi dengan baik sehingga dapat membawa sperma ke penis.
  3. Kemampuan mempertahankan ereksi. Kemampuan mempertahankan ereksi ini sama dengan ibaratnya persiapan pengumpulan sperma hingga bisa penuh di dalam penis dan mengumpulkan tenaga untuk mengeluarkannya. Kalau baru sebentar sudah “loyo” lagi maka sperma tidak akan bisa menyemprot dengan deras.
  4. Kemampuan mencapai ejakulasi agar sperma dapat dikeluarkan atau disemprotkan ke vagina.


Coba deh dilihat apakah kalian sudah memenuhi syarat-syarat di atas? Aman deh kalau semua syarat ada pada kamu. Tapi simak juga nih selain syarat-syarat di atas masih ada lagi yang harus kalian ketahui yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan seseorang yaitu :

  1. Faktor usia. Seiring dengan meningkatnya usia semakin berkurang kesuburan seorang laki-laki. Tapi jangan salah lho ya … ada juga laki-laki yang sudah berusia > 70 tahun masih mampu menghamili seorang perempuan. Itu artinya laki-laki itu subur banget. Untuk bisa seperti itu kalian harus menjaga kondisi tubuh dan perhatikan gizi kalian.
  2. Masa koitus atau senggama. Kalau kamu berhubungan seksual pada waktu pasangan kamu dalam keadaan masa subur maka besar kemungkinannya terjadi kehamilan. So, hati-hati ya ... walaupun hanya satu kali kalau kamu subur dan pasangan kamu lagi dalam masa subur lalu kalian ber-HUS bisa terjadi kehamilan lho.
  3. Frekuensi koitus/senggama. Kalau tuh barang kamu enggak pernah dipakai ya enggak akan terjadi kehamilan. Kayaknya sekarang ini memang itu deh yang paling baik buat kalian yaitu abstinence dulu kali ya. Abstinence itu maksudnya no sex sama sekali. Kalaupun barang kamu dianggurin dulu itu enggak ada pengaruhnya sama sekali dengan kemandulan.
  4. Merokok/alkohol. Jika berlebihan dapat memperburuk kualitas sperma. Penggunaan marijuana dapat mengurangi jumlah dan motilitas (gerak) sperma.
  5. Infeksi saluran genitalia yang ditularkan melalui kegiatan seksual, misalnya penyakit-penyakit menular seksual (PMS) seperti GO dan sifilis dan juga HIV/AIDS.
  6. Obat-obatan seperti anti hipertensi, anti kanker dan transquilizers. Pokoknya obat-obatan yang suka untuk bikin ngefly bisa berpengaruh pada alat reproduksi kalian.
  7. Radiasi dapat menyebabkan fungsi gonad (calon alat reproduksi) terganggu.


Setelah kita tahu syarat agar tidak mandul dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemandulan, tapi apa sih sebenarnya penyebab kemandulan pada laki-laki? Infertilitas pada laki-laki dapat dikatagorikan dalam 4 kelompok :

  1. Faktor spermatogenesis. Yang menentukan dari sperma adalah jumlahnya yang cukup, gerakan sperma baik dan bentuknya sempurna alias ada kepala, badan dan ekornya. Mengapa jumlah sperma harus cukup? karena tidak semua sperma akan bisa mencapai tuba falopii (saluran sel telur perempuan). Dari berjuta-juta jumlah sperma yang masuk, yang berhasil menembus sel telur biasanya hanya satu, sisanya gugur atau mati. Sperma yang gerakannya tidak baik dengan sendirinya tidak akan bisa mencapai saluran sel telur, akibatnya tidak akan terjadi pertemuan antara sel telur dan sperma yang berarti tidak akan terjadi konsepsi. Bentuk sperma harus sempurna yaitu ada kepala, badan dan ekornya. Ngomong-ngomong kalian tahu kan kalau bentuk sperma itu seperti kecebong. Yang jendol itu adalah kepalanya sedangkan ekornya berfungsi untuk alat geraknya.
  2. Faktor anatomis yaitu secara anatomi organ seks laki-laki lengkap dan dapat berfungsi dengan baik, yaitu ada :
    1. Penis yang berfungsi sebagai alat senggama dan sebagai saluran untuk menyalurkan sperma dan air seni. Penis yaitu alat berbentuk silinder dan terdiri dari 3 silinder jaringan erektil seperti bunga karang. Pada keadaan biasa, penis tergantung di muka scrotum, sedangkan pada waktu terangsang seksual, banyak darah yang dipompakan ke dalam jaringan erektil tersebut dan sekaligus pengeluaran darahnya tertahan. Dengan demikian penis terpompa penuh dengan darah dan berubah menjadi tegang, keras dan besar. Keadaan seperti ini disebut ereksi.
    2. Glans adalah bagian depan atau kepala penis. Glans banyak mengandung pembuluh darah dan syaraf. Glans harus dijaga kebersihannya.
    3. Foreskin (preputium) adalah kulit yang menutupi bagian glans. Sunat yaitu memotong kulit prepitium biasa dilakukan di beberapa negara, fungsinya adalah memudahkan membersihkan penis sehingga mengurangi kemungkinan terkena infeksi, radang dan beberapa macam kanker.
    4. Uretra (saluran kencing) yaitu saluran untuk mengeluarkan air seni dan air mani.
    5. Kelenjar prostat yaitu kelenjar yang menghasilkan cairan yang berisi zat makanan untuk menghidupi sperma atau disebut juga semen atau cairan air mani. Cairan kelenjar prostat yang bertanggung jawab atas pergerakan aktifnya sperma.
    6. Vesikula seminalis, fungsinya sebagai tempat menampung sperma yang matang.
    7. Vas deferens (saluran sperma) yaitu saluran yang menyalurkan sperma dari testis menuju vesikula seminalis.
    8. Epidydimis yaitu saluran-saluran yang lebih besar dan berkelok-kelok yang membentuk bangunan seperti topi.
    9. Testis (pelir) berjumlah dua buah untuk mereproduksi sperma setiap hari dengan bantuan testosteron. Testis berada di luar tubuh karena pertumbuhan sperma membutuhkan suhu yang lebih rendah daripada suhu tubuh.
    10. Scrotum adalah kantung kulit yang melindungi testes, berwarna gelap dan berlipat-lipat. Scrotum adalah tempat bergantungnya testis. Scrotum mengandung otot-otot polos yang mengatur jarak jauh testes ke dinding perut dengan maksud mengatur suhu testes agar relatif tetap. Dari organ-organ kelamin laki-laki ini ada beberapa gangguan biologis-anatomis yang sering dijumpai, a.l :
    11. Cryptorchidism : buah pelir hanya satu atau tidak ada di dalam kantung pelirnya.
    12. Hypospadia : lubang keluar sperma/kencing pada laki-laki ada di sebelah bawah, biasanya ketika buang air kecil alirannya tidak deras.
    13. Pseudohermaphrodite : bentuk alat kelamin ganda, laki-laki dan perempuan, tetapi tidak sempurna.
    14. Micro penis : penis kecil/tidak berkembang.
  3. Faktor koitus yaitu hal-hal yang dapat menggangu koitus atau kesukaran mengeluarkan sperma kedalam vagina seperti : impoten, kurang mampu ejakulasi, teknik koitus yang kurang tepat, jarak senggama yang terlalu jauh atau terlalu dekat, serta penggunaan bahan pelicin yang kurang tepat.
  4. Faktor semen (bukan semen untuk nembok rumah lho …) atau air mani. Kalau kalian lihat setiap habis ejakulasi yang putih-putih itu terdiri dari sperma dan cairan air mani. Air mani ini dihasilkan di kelenjar prostat. Fungsinya adalah menghantarkan sperma atau sebagai cairan untuk sperma agar sperma bisa jalan kemana-mana. Kalau air mani terlalu kental maka sperma akan susah bergerak dengan bebas, sebaliknya kalau terlalu encer juga berpengaruh pada sperma yaitu sperma akan cepat mati. Selain faktor kekentalan dan keenceran air mani, ph air mani juga berpengaruh. Bila ph air mani terlalu asam atau terlalu basa maka sperma akan mati. Kenapa ph bisa terlalu asam atau terlalu basa ini memang karena ada kelainan dan bisa diobati oleh dokter.

Sekarang kamu sudah tahu kan apa itu mandul?. Beda lho mandul dengan impoten. Kalau mandul adalah ketidakmampuan untuk membuahi sel telur sedangkan kalau impoten ketidakmampuan untuk berereksi atau berejakulasi. Pada kasus-kasus kemandulan lebih banyak karena faktor fisik atau medis, sedangkan kalau impoten lebih banyak karena faktor psikologis.
Buat kalian yang masih muda dan belum married, tidak perlulah uji coba sekarang apakah kalian mandul atau tidak. Cukup dengan cek organ reproduksi/alat kelamin kamu apakah lengkap dan bisa berfungsi dengan baik (bisa ereksi dan ejakulasi). Cukup itu dulu saja! Beberapa kasus kemandulan bisa diatasi dengan pertolongan dokter dan kemajuan dunia kedokteran, so jangan terlalu khawatir bahwa kalian sekarang ini belum jadi cowok sejati. Siapa bilang cowok sejati itu hanya dilihat dari kemampuan membuat anak, jauh lebih sulit mendidik dan membesarkan seorang anak bo daripada hanya sekedar membuatnya! Laki-laki dikatakan sejati kan juga dilihat dari bagaimana dia memperlakukan seorang perempuan. Setuju enggak ?

Bagikan

Jangan lewatkan

LAKI-LAKI SEJATI: Kemandulan atau Infertilitas
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
23 December 2013 at 19:56

kita juga punya nih artikel mengenai 'Infertilitas', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3503/1/JURNAL_10503173_1.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

Reply