Wednesday 16 January 2013

WUJUDKAN KEAJAIBAN MEMORI

Assalamu'alaikum 
Sampurasun sahabat E-4 ALL

E-4 ALL akan berbagi tentang keajaiban memori nih simak j ya siapa tau bisa bermanfaat
 
Apa yang Paling Kita Ingat
Pernah gak kita berpikir sesuatu dan merenungkan serta meluangkan sesuatu untuk diingat, hehehehehe.... kalau masalah PENGALAMAN baik or BURUK biasanya selalu teringat pastinya, bener gak tuh. 
Coba aja simak baik-baik ne siapa tau bisa jadi referensi 

Sebenarnya peluang kita untuk mengingat adalah paling baik ketika informasi meliputi satu dari delapan unsur berikut ini: 

1. Indra
Dengan menggunakan kombinasi penglihatan (mata), bunyi (telinga), gerak (tangan dan kaki), bau (hidung), dan rasa (lidah), akan tercipta memori terkuat. Fokuskan pada unsure-unsur ini :
  • Penglihatan : Gunakan warna, cerah dan gelap. Temukan detail. Berikan cukup waktu untuk melihat segala sesuatu dengan jernih dalam benak Kita.
  • Bunyi : Dengarlah bunyi sesuatu bilamana mungkin. Praktikkan mendengar dengan penuh perhatian
  • Gerak : Bergeraklah saat Anda berbicara.
  • Merasakan : Menelusuri kembali langkah-langkah kita membantu kita mengingat pemikiran kita, seperti mencari barang yang sebelumnya kita tinggalkan di suatu tempat.
  • Bau : Bau sering kali memicu lebih daripada sekadar fakta-fakta. Emosi dan suara suatu peristiwa dapat dihidupkan kembali melalui asosiasi bau yang kuat
  • Rasa : Bayangkan rasa sesuatu.
2. Intens
Untuk membuat kesan Anda dapat diingat, intenskanlah mereka: absurd, seksual, penuh warna, berlebih-lebihan dan imajinatif. 
Walaupun semua ini intens, pastikan untuk menjaga kesan Anda tetap positif.

3. Lain Sendiri
Gunakan kualitas yang berbeda

4. Emosional
Kesan yang bermuatan cinta, kebahagiaan dan kesedihan mudah untuk diingat. Dengan menggunakan kesan dari perasaan hangat, perasaan yang membuat jantung Anda berdegup kencang dan mmancarkan kebahagiaan, akan membantu memori Anda dan pandangan Anda.

5. Keutamaan Pribadi
Gunakan asosiasi pribadi terhadap kehidupan Anda

6. Pengulangan
Kebanyakan kita belajar dengan membaca berulang-ulang. Cara efektif untuk memanfaatkan pengulangan adalah berkonsentrasi secara penuh pada materi yang sedang dipelajari dan mengulanginya dengan cara-cara yang berbeda.

7. Pertama dan Terakhir
Ciptakan banyak pertama dan terakhir dengan memecah informasi menjadi beberapa potongan kecil. Ketika Anda belajar atau mencoba belaajr sesuatu yang baru, ambillah sesering mungkin jeda singkat setiap 30 menit. Ini dapat membantu Anda memperoleh lebih banyak informasi.

Mengupayakan Keajaiban Memori dengan Sistem Cantol
Sistem cantol adalah kata-kata atau hal yang akan kita ingat dihubungkan dengan suatu kata/hal lain yang dapat kita hubungkan dengan kata-kata atau hal lain yang ingin kita ingat tersebut., misalnya :
Sistem cantol akan sangat berhasil jika asosiasinya berwarna-warni, berlebih-lebihan, imajinatif dan absurd.

Beberapa sistem cantol yang dapat digunakan :

1. Sistem cantol Fonetik
Sistem cantol fonetik menggunakan daftar angka-angka dari 0 hingga 100. Setiap angka memiliki benda yang berasosiasi dengannya. Angka dan benda secara bersama-sama memberikan dasar sampai di mana Anda kemudia mengaitkan atau mengasosiakan hal yang sedang Anda coba ingat. Anda secara literal menggantungkan informasi pada cantolan.

2. Menghubungkan
Anda dapat menggunakannya untuk mengingat suatu daftar dengan mengaosiasi-kan benda masing-masing pada daftar dengan benda berikutnya. Ini juga dapat menjadi fonadi untuk strategi memori yang lain. Anda menghubungkan hal-hal yang ingin Anda ingat dan merangkaikan mereka semua, serta mengasosiasikan satu dengan lain.

3. Lokasi
Berarti mengasosiasikan benda secara berurutan dengan lokasi-lokasi tertentu. Misalnya dengan mengaosisasikan daftar nama benda dengan beberapa bagian tubuh. Salah satu trik lokasi lain adalah mengasosiasikan berbagai hal dengan benda-benda di rumah.
4. Akronim
Akronim mengambil huruf pertama dari beberapa kata dan membuat kata lain.

5. Mengulang-ulang hingga hafal (Proses mekanis mengingat)
Mengulangi sesuatu berulang-ulang mungkin merupakan cara yang paling tidak efektif untuk mengingat sesuatu, tetapi ini bermanfaat untuk memori jangka pendek.

Kiat-kiat untuk Teknik Memori : 
  • Ingat untuk Mengingat, Kita perlu berhenti dan meluangkan waktu untuk membuat asosiasi, supaya kita ingat untuk menggunakan teknik-teknik kita. 
  • Berlatihlah untuk Menggunakan Memori Anda, Gunakan setiap kesempatan untuk melatih keterampilan memori Anda dengan sering-sering menggunakannya 
  • Buatlah Asosiasi Anda Spesifik dan Jelas Bukan Umum, Lihatlah kesan yang melibatkan aksi, warna dan suara yang berbeda. Dengan cara itu, masing-masing asosiasi akan berdiri sendiri 
  • Ingatlah yang Lain Lagi, Misalnya, jika Anda tidak dapat mengingat nama Nabi yang keenam, ingatlah yang kelima dan yang ketujuh. Kerap kali ini akan mengingatkan kembali informasi yang sedang Anda butuhkan. 
  • Buatlah Peta Pikiran dan Presentasi untuk Pelajaran Anda, Peta pikiran adalah alat menghafal yang alamiah karena ia menggunakan symbol dan warna untuk menciptakan kesan visual. 
  • Lengkapilah dengan Arti, Tanyakan pada diri Anda, “Apa Manfaatnya Bagiku?” Temukan alasan rpibadi untuk mengingat. 
  • Ulangilah Materi Anda  
  • Jagalah Kesehatan Anda

Bagikan

Jangan lewatkan

WUJUDKAN KEAJAIBAN MEMORI
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
19 January 2013 at 06:29

Kalau saya lebih gampang mengingat bila sesuatu dibuat dalam bentuk gambar, lagu atau pun semacamnya.. yang pasti menggunakan indra kita.. baik penglihatan, penciuman, pendengaran dan perasa.. hahahaha

Reply
avatar
23 January 2013 at 21:42

sippp setuju
yang penting jangan salah menggunakan indra

Reply