Thursday 31 January 2013

KEUNTUNGAN SEDEKAH

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sampurasun sahabat E-4 All Semuanya 

Pepatah bijak pernah mengatakan tentang SEDEKAH yang perlu kita semua renungkan, Kebahagiaan sejati adalah ketika kita bisa membahagiakan orang lain. Salah satunya mungkin dengan SEDEKAH karena sedekah adalah salah satu wujud rasa syukur kita kepada Allah swt
Allah SWT berfirman, ''Wahai Muhammad, katakanlah kepada umatmu bahwa sesungguhnya Allahlah yang menghamparkan dan menetapkan banyaknya rezeki kepada siapa yang Ia kehendaki. Ketahuilah, apa pun yang kalian sedekahkan, Allah pasti akan menggantinya. Sesungguhnya, Dia itu pemberi rezeki yang paling baik.'' (QS Saba': 39).


Dalam salah satu kesempatan, Rasulullah SAW ditanya oleh Sa'ad bin Ubadah, ''Wahai Rasulullah, sedekah apa yang bernilai paling utama di sisi Allah?'' Rasulullah SAW menjawab, ''Memberikan air minum.'' (HR Ibnu Majah dari Sa'ad bin Ubadah). Seluruh jagat raya nan luas ini pada hakikatnya adalah milik Allah SWT dan diperuntukkan bagi umat manusia. Alam raya, jika digali lebih dalam lagi berpotensi memberikan hal-hal positif bagi umat manusia. Hamparan bumi bisa dimanfaatkan sebagai ladang yang menghasilkan rezeki. Luasnya langit juga bisa dimanfaatkan oleh para penerbang untuk meraih rezeki. Dalamnya lautan, ternyata juga dapat memberikan rezeki bagi manusia.



Masalah rezeki adalah urusan Allah SWT. Dia yang mengatur semuanya. Sedikit banyaknya ukuran rezeki, semua didasarkan pada kebijaksanaan Allah SWT. Rezeki sengaja dirahasiakan oleh Allah SWT agar umat manusia tertantang untuk meningkatkan kreativitasnya dalam mencari rezeki. Kreativitas itu diperlukan agar pencarian rezeki tidak melanggar ketentuan Allah SWT dan Rasul-Nya. Rezeki yang diperoleh pun harus halal. Rezeki yang diperoleh manusia dengan jalan yang halal akan semakin bernilai tinggi di sisi Allah SWT jika dilanjutkan dengan amal baik berupa sedekah. Yaitu, memberikan sebagian rezeki limpahan Allah SWT kepada orang-orang yang membutuhkan.



Sedekah merupakan bentuk syukur yang nyata atas rezeki yang telah Allah karuniakan. Begitu bernilainya, sedekah dalam bentuk memberikan air minum pun oleh Rasulullah SAW disebut sebagai bentuk sedekah yang paling utama. Allah SWT sudah menjamin bahwa para penyedekah tidak akan pernah rugi dengan sedekahnya. Harta yang telah disedekahkan dijamin oleh Allah SWT akan diganti dengan nilai yang berlipat-lipat.



Sedekah bisa dilakukan dalam berbagai cara tergantung kemampuan setiap orang. Memberikan air minum untuk hewan ternak, berdasar sabda Rasulullah SAW, akan dibalas dengan ganjaran oleh Allah SWT. Suraqah bin Ju'syum, salah seorang sahabat Rasulullah SAW pernah berbicara dengan Rasulullah SAW, ''Wahai Rasulullah, suatu ketika, aku menemukan seekor unta yang tersesat ada dalam kandang unta milikku.



Aku perlakukan unta itu dengan baik. Apakah aku akan memperoleh pahala hanya dengan memberinya air minum?'' Rasulullah SAW menjawab, ''Pada setiap yang mempunyai jantung hidup, ada nilai pahala.'' (HR Ibnu Majah dari Suraqah bin Ju'syum). Banyak bersedekah adalah salah satu karakteristik orang beriman yang meyakini bahwa harta tidak akan berkurang walaupun diberikan kepada orang lain. Karena, Allah SWT akan selalu mengganti sedekah kita dengan rezeki yang paling baik.

Bagikan

Jangan lewatkan

KEUNTUNGAN SEDEKAH
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.